Sistem dalam Organisasi
Sistem adalah sekumpulan kegiatan yang terdiri dari subsistem yang saling berinteraksi dan berproses untuk mencapai tujuan tertentu.
Syarat berlakunya sistem
1. Harus terdiri dari subsistem (unit organisasi kegiatan)
2. Antara subsistem arus berinteraksi (ketergantungan, berkesinambungan, dll)
Interaksi berdasarkan prosedur yang sudah dibuat organisasi)
3. Proses kegiatan yang berurutan: berdasarkan prosedur
4. Mempunyai tujuan tertentu yang jelas: pemasukan dan pengeluaran yang jelas
Sistem dan Subsistem
Sistem merupakan rangkaian prosedur yang sudah menjadi suatu kebulatan untuk melakukan suatu fungsi (kearsipan: prosedurnya → klasifikasi surat).
Subsistem: prosedurnya
Metode: komponen prosedur (langkah/pola kerja yang dikendaki)
Teori Sistem Umum
Sistem tertutup: sistem fisik, mekanik (tidak untuk umum: ketok mejik)
Sistem terbuka: sistem sosial (membangun kontak sosial dengan masyarakat)
Sistem Bidang Organisasi
Subsistem dalam organisasi adanya unit organisasi yang lebih rendah sehingga diharapkan sesama unit saling kerjasama.
Sistem perlengkapan, subsistemnya antara lain:
- Penentuan kebutuhan dan penganggaran
- Pengadaan
- Inventarisasi
- Penyaluran
- Penataan ruangan
- Perawatan
- Penyusutan dan penghapusan
Sistem kepegawaian, subsistemnya antara lain:
- Penerimaan
- Pengangkutan
- Penempatan
- Peningkatan kepegawaian
- Peningkatan kesejahteraan
- Mutasu
- Pemberhentian/pensiun
No comments:
Post a Comment