ANALISIS INDUSTRI
Industri adalah suatu kelompok perusahaan yang menghasilkan produk yang mirip satu dengan yang lainnya dan dapat saling dipertukarkan
Menurut MICHAEL E. PORTER, Terdapat 5 Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan
dalam suatu Industri:
1. Ancaman pendatang baru
Pendatang baru berarti bahwa harga akan ditekan serendah mungkin dan keuntungan dibuat kecil,
akibatnya profitabilitas industri menurun. Hambatan untuk masuk dalam industri menentukan tingkat
ancaman dari pendatang baru dalam suatu industri
2. Ancaman produk pengganti
Ketersediaan produk pengganti memberi batas pada harga yang dapat ditentukan oleh pemimpin pasar
dalam suatu industri. Harga yang tinggi dapat memicu pembeli untuk beralih kepada produk pengganti.
3. Kekuatan tawar menawar dari pemasok
Tujuan akhir dari pelanggan industri adalah membayar harga serendah mungkin untuk memperoleh
produk atau jasa yang dipergunakannya sebagai input.
Pembeli mempunyai pengaruh atas pemasok apabila:
vMembeli dalam jumlah besar sehingga perusahaan pemasok bergantung pada bisnis pembeli agar
dapat tetap bertahan hidup
vProduk pemasok adalah komoditas
vProduk industri pemasok mewakili bagian yang signifikan dari biaya perusahaan pembeli
vPembeli bersedia dan mampu untuk melakukan integrasi ke hulu
4. Kekuatan tawar menawar dari pembeli
Bila pemasok mempunyai daya tuas yang cukup banyak atas perusahaan industri, mereka dapat
menaikkan harga yang cukup tinggi untuk mempengaruhi profitabilitas perusahaan pelanggan mereka.
Kemampuan pemasok untuk memperoleh daya tuas perusahaan industri ditentukan oleh faktor sbb:
vPemasok akan mempunyai keunggulan bila mereka besar dan jumlahnya relatif sedikit
vProduk pemasok merupakan masukan penting bagi perusahaan industri, terdiferensiasi atau
menanggung biaya pengalihan
vJumlah produk pengganti relatif sedikit
vPemasok bersedia dan mampu menjual produk sendiri
5. Persaingan kompetitif diantara anggota industri (rivalitas diantara pesaing)
Rivalitas diantara perusahaan mengacu pada semua tindakan yang diambil oleh perusahaan dalam
industri untuk memperbaiki posisi mereka masing2 dan memperoleh keunggulan satu sama lain dalam
hal seperti:
vPersaingan harga
vPertempuran iklan
vPenetapan posisi produk
vDiferensiasi
No comments:
Post a Comment