Thursday 29 November 2012

ANALISIS INDUSTRI

ANALISIS INDUSTRI

Industri adalah suatu kelompok perusahaan yang menghasilkan produk yang mirip satu dengan yang lainnya dan dapat saling dipertukarkan
Menurut MICHAEL E. PORTER, Terdapat 5 Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan
dalam suatu Industri:

1.  Ancaman pendatang baru
      Pendatang baru berarti bahwa harga akan ditekan serendah mungkin dan keuntungan dibuat kecil,
      akibatnya profitabilitas industri menurunHambatan untuk masuk dalam industri menentukan tingkat
      ancaman dari pendatang  baru dalam suatu industri

2. Ancaman produk pengganti
      Ketersediaan produk pengganti memberi batas pada harga yang dapat ditentukan oleh pemimpin pasar
      dalam suatu industriHarga yang tinggi dapat memicu pembeli untuk beralih kepada produk pengganti.

3. Kekuatan tawar menawar dari pemasok
      Tujuan akhir dari pelanggan industri adalah membayar harga serendah mungkin untuk memperoleh
       produk atau jasa yang dipergunakannya sebagai input.
    Pembeli mempunyai pengaruh atas pemasok apabila:
  vMembeli dalam jumlah besar sehingga perusahaan pemasok bergantung pada bisnis pembeli agar
       dapat tetap bertahan hidup
  vProduk pemasok adalah komoditas
  vProduk industri pemasok mewakili bagian yang signifikan dari biaya perusahaan pembeli
  vPembeli bersedia dan mampu untuk melakukan integrasi ke hulu


  4. Kekuatan tawar menawar dari pembeli
      Bila pemasok mempunyai daya tuas yang cukup banyak atas perusahaan industri, mereka dapat
      menaikkan harga yang cukup tinggi untuk mempengaruhi profitabilitas perusahaan pelanggan mereka.
      Kemampuan pemasok untuk memperoleh daya tuas perusahaan industri ditentukan oleh faktor sbb:
  vPemasok akan mempunyai keunggulan bila mereka besar dan jumlahnya relatif sedikit
  vProduk pemasok merupakan masukan penting bagi perusahaan industri, terdiferensiasi atau
        menanggung biaya pengalihan
  vJumlah produk pengganti relatif sedikit
  vPemasok bersedia dan mampu menjual produk sendiri


 5. Persaingan kompetitif diantara anggota industri (rivalitas diantara pesaing)
     Rivalitas diantara perusahaan mengacu pada semua tindakan yang diambil oleh perusahaan dalam
     industri untuk memperbaiki posisi mereka masing2 dan memperoleh keunggulan satu sama lain dalam
     hal seperti:
vPersaingan harga
vPertempuran iklan
vPenetapan posisi produk
vDiferensiasi

No comments:

Post a Comment